Wednesday, June 17, 2015

Contoh Excel Macro (tools untuk template upload efaktur)

Jam kantor udah mau selesai. sambil nunggu pizza dateng ane mau shared. Cukup basa basinya. Masuk ke topik sebenarnya. Kebetulan ane ada small project buat integrasi Data dari SAP supaya bisa diupload ke system efaktur yang baru. Waktu meeting masalah ini ke team konsultan SAP. ternyata butuh budget sekitar 50,000 USD untuk membuat query report sesuai rekomendasi template dari Dirjen pajak (woooowww). Mahal bener cuyyy. Akhirnya ane usul ke bos supaya pake macro aja, kalo data kan kita bisa buat custom query dari SAP. sambil nyengir(ngarepin siapa tau ane dibayar 5ribu USD lah, buat biaya kawin) jiahhh jadi curcol dah. sorry please ignore my previous word. wkwkwk. Akhirnya disetujui untuk pake macro. Setelah itu yang ane butuhkan adalah source data yang lengkap untuk bisa di integrasikan datanya sesuai template tersebut. Akhirnya ane buat query di SAP. data itu adalah hasil custom query pakai SQVI (baca tutorial Quickviewer dengan SQVI). joint table yang ane pakai adalah (ZXTAXINVOICES, VBRK, VBRP, KNA1). Oke, karena disini ane cuma mau shared contoh program macro excel sederhana aja. Jadi silahkan di Download dan dipelajari sendiri ya. flownya simple koq. Mudah-mudahan bisa jadi referensi tambahan program macro buat agan-agan sekalian.

Filenya terbagi 2, file 27052015.xls itu file source datanya. sedangakan file Tools efaktur.xls itu adalah File Macro-nya.

Password modul:
Admin123

Silahkan di download disini

Ada masukkan dari pembaca, jadi saya kasih info
Tambahan:

Ada 4 sheet yang saya hide(Source_data, pivot, mapping, temp) karena sheet tersebut hanya digunakan saat proses generate data dengan macro dan sheet tersebut tidak boleh diedit sembarangan karena bisa error jadinya.

Penamaan kolom yang ada di data source itu hanya contoh, Anda bisa mengubah nama kolom sesuai keinginan anda, karena penamaan kolom tidak berpengaruh , kebetulan data itu saya tarik dari SAP, dan default namenya sengaja tidak diubah:

Subtotal1 adalah harga Total (harga satuan X jumlah barang)
Subtotal2 adalah harga Total + ppn (tidak digunakan di tools macro ini)
Subtotal5 adalah harga Total (harga satuan X jumlah barang)
Subtotal6 ane lupa ini buat apa (tidak digunakan di tools macro ini)

Hal yang perlu dilakukan jika ingin mengedit macro ini:
- Gunakan Clear content untuk menghapus data di Sheet "Temp" jika ingin mencoba-coba. Karena Formula dibuat hardcode di Sheet "Mapping",

Jika ingin mengetahui alur program macro, silahkan buka modulnya

- Gunakan Debug F8"step in" pada modul "program_flow" untuk mengetahui flow program macro.

Caranya:

buka modul macro --> masukkan pasword modul
buka modul program_flow
letakkan posisi kursor di Sub Run() --> klik F8.
Supaya terlihat proses di workbook excelnya kecilkan windows Macro nya seperti gambar dibawah ini. Nanti anda akan melihat step by stepnya ketika anda debug dengan F8 berkali kali.


Demikian penjelasan yang bisa saya tambahkan, kurang lebihnya mohon maaf.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda disini